Friday, August 8, 2008

Sujud Sahwi

Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud r.a. : Nabi Muhammad Saw. mengerjakan shalat, dan ketika Nabi Muhammad Saw. telah menyelesaikan shalatnya beliau ditanya, “Ya Rasulullah SAW! apakah ada perubahan dalam shalat?” Nabi Muhammad Saw. bersabda, “apa maksud pertanyaan itu?” orang-orang berkata,”jumlah (rakaat) shalat anda lebih banyak dari biasanya”. Maka Rasulullah SAW pun menekukkan kakinya, menghadapkan wajahnya ke arah kiblat dan mengerjakan sujud dua kali (sujud sahwi) dan menyelesaikan shalat dengan taslim. Sambil melihat ke arah kami, Nabi Muhammad Saw. bersabda,”apabila ada sesuatu yang berubah di dalam shalat, tentu aku akan memberitahu kalian tetapi aku manusia biasa seperti kalian, dan sebagaimana kalian suatu saat aku bisa lupa. Oleh karena itu bila aku lupa, ingatkan aku. Dan apabila seseorang ragu terhadap shalatnya, ia harus mengikuti apa yang menurutnya benar dan melengkapkan shalatnya dan menyelesaikannya lalu bersujud dua kali (sujud sahwi).