Thursday, August 21, 2008

Jumlah Hari Dalam Satu Bulan Islam

Diriwayatkan dari Ummu Salamah r.a. : Nabi Muhammad Saw. bersumpah untuk menjauhi istri-istrinya selama sebulan, dan setelah melengkapkan 29 hari beliau pulang menemui istri-istrinya pada pagi atau sore hari. Seseorang berkata kepadanya,” anda telah berjanji untuk tidak menemui istri-istri anda selama satu bulan”. Nabi Muhammad Saw. menjawab,”satu bulan adalah 29 hari”

Diriwayatkan dari Ibn Umar r.a. : Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda,” kami adalah bangsa yang ummiy. Kami tidak menulis maupun berhitung. Bulan adalah seperti ini dan ini, yaitu terkadang 29 hari dan terkadang 30 hari”.


Tentang Azan Jum'at

diriwayatkan dari As-Sa'ib bin Yazid r.a. : ketika Nabi Muhammad Saw, Abu Bakar dan Umar r.a. masih hidup, azan pada hari Jumat dikumandangkan sewaktu imam telah duduk diatas mimbar. namun pada masa kekhalifahan Utsman r.a. ketika umat muslim bertambah jumlahnya, azan ketiga di Az-Zaura ditambahkan. (Abu Abdullah berkata,"Az-Zaura adalah sebuah tempat di pasar Madinah")


diriwayatkan (dari As-Sa'ib bin Yazid r.a.) dalam kutipan hadis yang lain; pada masa hidup Nabi Muhammad Saw. hanya ada seorang muazzin dan azan dikumandangkan hanya setelah imam duduk (diatas mimbar)