Sunday, July 6, 2008

Ciri-ciri Kemunafikan

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr r.a. : Rasulullah SAW pernah bersabda,”siapapun yang memiliki empat sifat (karakteristik) ini adalah seorang munafik dan siapapun yang memiliki satu dari empat sifat ini ia akan mempunyai satu sifat kemunafikan sampai ia meninggalkannya;
  1. setiap kali diberi amanat, ia khianat
  2. setiap kali bicara, ia berdusta
  3. setiap kali berjanji, ia melanggar
  4. setiap kali berselisih, ia bersikap menghina, jahat dan ceroboh.

Orang Yang Punya Niat Membunuh Masuk Neraka

Diriwayatkan dari Abu Bakrah r.a. : aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda,”apabila dua orang muslim bertikai satu sama lain dengan menggunakan pedang mereka, yang membunuh dan yang terbunuh dalam pertikaian itu akan masuk neraka,” aku berkata,”ya Rasulullah SAW! Neraka layak untuk si pembunuh tetapi mengapa yang terbunuh (juga masuk neraka)?” Rasulullah SAW menjawab,”sebab di dalam hatinya ia (juga) punya niat membunuh musuhnya”.


Perbuatan Paling Baik

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. : Rasulullah SAW pernah ditanya, “apakah perbuatan yang paling baik itu?” Nabi Muhammad Saw. Menjawab,”Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya”. Nabi Muhammad Saw. Ditanya lagi,”kemudian apa?” Beliau menjawab,”Jihad di jalan Allah” Nabi Muhammad Saw. Ditanya kembali, “kemudian apa?” Beliau menjawab,”Haji Mabrur”.