Sunday, July 6, 2008

Baiat Kepada Nabi

Diriwayatkan dari Ubaidah bin Ash Shamit r.a. : Rasulullah SAW pernah bersabda di tengah kerumunan sahabatnya, “berikan baiat (janji) kalian kepadaku untuk :
  1. tidak mempersekutukan Allah
  2. tidak mencuri
  3. tidak melakukan zina
  4. tidak membunuh anak-anakmu.
  5. tidak memfitnah atau berdusta
  6. tidak meninggalkan perintah untuk melakukan perbuatan ma’ruf.”
Kemudian Rasulullah SAW menambahkan,”siapapun yang memenuhi janjinya, Allah ‘Azza wa Jalla akan memberinya pahala dan siapapun yang melakukan perbuatan-perbuatan (dosa) ini, lalu ia memperoleh hukumannya di dunia ini, maka hal itu merupakan penghapus baginya. Jika seseorang melakukan perbuatan-perbuatan ini dan Allah ‘Azza wa Jalla menutupi (perbuatannya), terserah kepada-Nya untuk menghukumnya atau memaafkannya (di hari kiamat)”. Maka kami pun membaiatnya atas dasar itu.


Nabi Lebih Takut Kepada Allah

Diriwayatkan dari Aisyah r.a. : kapan pun Rasulullah SAW memerintahkan kaum muslim untuk mengerjakan sesuatu, ia akan memberikan perintah yang tidak akan memberatkan (sesuai dengan kemampuan dan daya tahan). Mereka berkata,”ya Rasulullah SAW ! kami tidak seperti anda. Allah telah memaafkan kesalahan masa lampau dan kesalahan masa depan anda.” Mendengar perkataan itu Rasulullah SAW sangat marah sehingga kemarahannya itu tampak di wajahnya yang mulia. Kemudian Nabi Saw. Bersabda,”aku lebih takut kepada – dan lebih mengetahui tentang – Allah Azza wa Jalla daripada kalian semua”.