Monday, July 7, 2008

agama Islam itu mudah

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. : Nabi Muhammad Saw. Pernah bersabda, “agama (islam) itu sangat ringan dan siapa pun yang membebani keber agamaan nya secara berlebihan tidak akan sanggup menanggungnya. Jadi engkau tidak perlu berlebihan, tetapi cobalah untuk mendekati kesempurnaan dan terimalah kabar baik bahwa engkau akan diberi ganjaran, dan shalatlah di pagi hari, siang dan di penghujung malam.”


Hari Disempurnakannya Agama Islam

Diriwayatkan dari Umar bin al khaththab r.a. : pada suatu hari seorang yahudi berkata kepadaku,”wahai pemimpin orang-orang beriman! Ada sebuah ayat di dalam Kitab Suci anda yang dibaca oleh anda semua, dan jika diwahyukan kepada kami, niscaya kami akan menjadikan hari diturunkannya ayat itu sebagai hari Ied. 
Umar bin al khaththab r.a. bertanya,”ayat yang mana?” orang yahudi itu menjawab,”hari ini telah Ku sempurnakan untukmu agamamu, dan telah Ku cukupkan untukmu nikmat-Ku, dan telah ku pilih Islam sebagai agamamu” (QS Al ma’idah : 3).Umar bin al khaththab r.a. menjawab, “kami tahu kapan dan dimana ayat ini diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. Yaitu hari Jum’at dan pada waktu itu Nabi Muhammad Saw. Berada di Arafah.”


Memeluk Islam

Diriwayatkan dari Abu Sa’id Al Khudri r.a. : Rasulullah SAW pernah bersabda,”apabila seseorang memeluk Islam dengan tulus, Allah SWT akan memaafkan semua dosa-dosanya di masa lalu, kemudian setelah itu mulai diadakan perhitungan, pahala untuk setiap perbuatan baik yang dilakukannya dilipatgandakan sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat sedangkan setiap dosa yang dilakukannya akan dicatat sebanyak dosa yang dilakukannya, kecuali apabila Allah SWT memaafkannya.


Rukun Islam

Diriwayatkan dari Ibn ‘Umar bin al khaththab r.a. : Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa Islam didasarkan pada lima prinsip berikut :
  1. bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasulullah SAW.
  2. mendirikan shalat
  3. menunaikan zakat
  4. melaksanakan haji
  5. puasa pada bulan Ramadhan.