Thursday, December 31, 2009

Nama Rasulullah Saw

diriwayatkan dari Jubair bin Muth'im ra. : Rasulullah Saw pernah bersabda, "aku memiliki lima nama; aku adalah Muhammad dan Ahmad; aku adalah Al - Mahi, yang diutus Allah untuk membasmi kekufuran; aku adalah Al - Hasyir, orang yang dibawah telapak kakiku orang-orang dikumpulkan; dan aku adalah Al - Aqib, tidak akan ada lagi nabi sesudahku"


Kuniyah Nabi Muhammad Saw

Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra. : pada saat Nabi Muhammad Saw tengah berada di pasar, seseorang memanggil, "wahai Abu Qasim!". Nabi Muhammad Saw berpaling ke arahnya. laki-laki itu berkata, "aku memanggil yang ini (orang lain yang bernama Abu Qasim)". Nabi Muhammad Saw bersabda, "namai diri kalian dengan namaku tetapi jangan dengan kuniyah ku".


Nama Nabi Dilindungi Allah Dari Cacian Orang 


diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. : Rasulullah Saw pernah bersabda, "apakah tidak membuatmu takjub bagaimana Allah melindungiku dari cercaan dan kutukan orang-orang Quraisy? namaku adalah Muhammad dan mereka mencerca dan mengutukku dengan memanggilku 'Mudzammam' ".