Ciri-ciri Nabi Muhammad Saw dan Kisah Nabi Ibrahim

(diriwayatkan dari Rabi'ah bin Abd Al Rahman :) aku pernah mendengar Anas bin Malik mendeskripsikan Nabi Saw dengan berkata ; "tingginya sedang, tidak tinggi dan tidak pula pendek; kulitnya kemerahan, tidak putih benar dan tidak coklat benar; rambutnya tidak ikal dan tidak pula lurus. Wahyu Illahi (pertama kali) diturunkan ketika usianya mencapai empat puluh tahun. Ia tinggal di Makkah sepuluh tahun menerima wahyu, dan di Madinah lebih kurang selama sepuluh tahun. pada saat wafatnya, uban pada janggut dan rambut kepalanya yang mulia tidak lebih dari dua puluh helai."


Kisah Ibrahim

 Diriwayatkan dari Ibn Abbas r.a. : Nabi Saw. Pernah bersabda, “seandainya kamu ingin melihat Ibrahim maka lihatlah  sahabatmu (Nabi Saw.). sedangkan Musa berambut ikal, berkulit coklat, menunggang unta merah, tali kekangnya terbuat dari pelepah pohon kurma. Seakan-akan aku baru saja melihatnya turun ke sebuah lembah”.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. : Rasulullah Saw. Pernah bersabda, “Ibrahim mengkhitan dirinya sendiri  dengan qaddum (kapak) pada umur delapan puluh tahun.”

Diriwayatkan dari Ummu Syarik r.a. : bahwa Rasulullah Saw. Menyuruh membunuh kadal-kadal rumah (cicak). Dan lebih jauh beliau bersabda, “kadal rumah meniup (api) atas Ibrahim”.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. : Ibrahim tidak pernah berdusta kecuali pada tiga kesempatan.
Dua kali ketika untuk kepentingan Allah ia berkata, “aku sakit” dan ketika ia berkata, “(Bukan aku yang melakukannya) tetapi si berhala besar itu”. Dan (yang ketiga kalinya) ketika Ibrahim dan Sarah (istrinya) bertemu dengan seorang tiran dari segala tiran, “orang ini (Ibrahim) ditemani seorang perempuan cantik.” Ia mengirim seseorang menemui Ibrahim yang bertanya perihal Sarah, “siapa perempuan itu?” Ibrahim berkata, “saudara perempuanku”.

Copyright © Hadits Shahih Al Bukhari

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog