Thursday, September 4, 2008

Lupa Mengerjakan Shalat

Lupa Shalat
Diriwayatkan dari Anas bin Malik r.a. : Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, “apabila salah seorang dari kalian lupa mengerjakan shalat, shalatlah segera ketika ia ingat. Tak ada kiffarah kecuali dengan mengerjakan shalat yang sama”. Kemudian Nabi Muhammad Saw membacakan firman Allah berikut ; sungguh, Aku lah Allah ! Tiada Tuhan Selain Aku. Maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.

Mengerjakan Shalat Pada Akhir Waktu
Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah : pada suatu hari saat PerangKhandaq (Perang Parit) Umar bin Al Khaththab datang pada saat matahari telah terbenam sambil memaki-maki orang-orang kafir Quraisy,”Ya Rasulullah ! aku tidak dapat mengerjakan shalat ashar hingga matahari terbenam”. Nabi Muhammad Saw bersabda,”Demi Allah ! begitu pula aku, belum mengerjakan shalat (ashar)”. Maka kami pun pergi menuju Buthhan, lalu Nabi Muhammad Saw berwhudu dan mengerjakan shalat ashar setelah matahari terbenam, kemudian mengerjakan shalat maghrib.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. : Rasulullah Saw pernah bersabda,”jika salah seorang dari kalian memperoleh satu rakaat shalat Ashar sebelum matahari terbenam, ia harus melengkapkan shalatnya. Apabila salah seorang dari kalian memperoleh satu rakaat shalat subuh, ia harus melengkapkan shalatnya”.

Sengaja Tidak Shalat
Diriwayatkan dari Ibn Umar r.a. : Rasulullah pernah bersabda, “orang yang kehilangan shalat ashar karena sengaja bagaikan orang yang kehilangan keluarga dan harta kekayaannya.”


Diriwayatkan dari Buraidah r.a. : pada suatu hari yang mendung shalat ashar dilakukan lebih awal sebagaimana pernah dikatakan Nabi Muhammad Saw,”orang yang sengaja tidak mengerjakan shalat ashar maka seluruh perbuatan baiknya hilang”.