Monday, September 22, 2008

Keutamaan Mengucapkan amin


Keutamaan Mengucapkan amin
Diriwayatkan dari (Abu Hurairah) r.a. : Nabi Muhammad Saw pernah bersabda,”ucapkan amin ketika imam mengucapkannya dan jika ucapan amin kalian bersamaan dengan ucapan amin para malaikat maka dosa-dosamu di masa lalu akan dimaafkan”

Tangan Diatas Lutut Saat Rukuk
Diriwayatkan dari (Mush’ab bi Sa’d) r.a. : aku mengerjakan shalat disamping ayahku (Sa’d bin Abi Waqqash r.a.) dan meletakkan kedua tanganku kira-kira di antara dua lututku. Ayahku melarang aku rukuk dengan cara seperti itu dan berkata,”kami pernah melakukan rukuk seperti itu tetapi dilarang (Rasulullah Saw) dan kami diperintahkan untuk meletakkan tangan diatas lutut

Wajib Membaca Al Fatihah Dalam Shalat
Diriwayatkan dari Ubadah bin Shamit r.a. : Rasulullah Saw pernah bersabda,” siapa pun yang tidak membaca Surah Al Fatihah di dalam shalatnya, maka shalatnya tidak sah”

Tidak Mengangkat Tangan Saat Akan Sujud
Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar : “Rasulullah Saw mengangkat kedua tangannya ke atas hingga sejajar dengan bahunya ketika memulai shalat (takbiratul ihram), ketika mengucapkan takbir untuk rukuk, dan ketika bangkit dari rukuknya beliau melakukan hal yang sama lalu mengucapkan sami’ allahu liman hamidah, Rabbana walakal hamd. Dan Nabi Muhammad Saw tidak melakukan hal itu (mengangkat tangan) ketika (akan) sujud.”